Saturday, January 13, 2007

Who do you think you are ?

"kamu pikir kamu siapa koq ngerasa berhak ngomongin saya ?"


Itu adalah quote yang gue ambil dari scene terakhir sinetron INTAN episode hari ini. Ya... gue emang rada sering nonton tuh sinetron (hehehhe... jadi malu...). Dan gue pikir, kata-kata diatas cukup menohok. paling nggak gue jadi mikir panjang setelah itu. kamu pikir kamu siapa... who do you think you are ?

Coba deh... kadang-kadang kita sering terlalu banyak komentar, ngerasa berhak ngomongin orang, ngerasa puas kalo bisa membuat orang ngikutin kemauan kita. manusiawi sih... tapi kalo dibalikin ke kata-kata "kamu pikir kamu siapa?" rasanya cukup bikin kita malu hati.

Gue punya temen, sebut aja Agus. Kesan awal sih dia orangnya diem dan gak macem-macem. Tapi begitu kenal lebih lama, wuiiih... mulutnya gak pernah berenti ngasih komentar atas semua kejadian, jangankan diminta... gak dimintai komentarpun dia langsung komentar, lengkap dengan segudang nasihat. kesannya dia yang paling ngerti, paling bisa... ini tentu bikin gue dan temen-temen jadi ngerasa males kalo ngobrol sama dia. coba deh liatin gayanya kalo pas lagi 'ceramah'... malessss...

Waduhh... koq jadi ngomongin orang ya ? secara gue sendiri juga kadang suka komentar tanpa diminta. suka nasehatin tiba-tiba. cuma gue lihat-lihat juga sih. kalo tuh orang emang deket banget sama gue baru bisa gue gituin, kalo yang cuma sekedar kenal juga males guenya.. karena gue balik mikir, gue juga males kalo tiba-tiba dinasehatin gak jelas... tuh kan jadi inget Agus lagi hehehe... kuping dia panas kali sekarang...

Sebenernya nasihat itu juga penting koq. kadang kita suka gak bisa mikir kalo lagi ada masalah. disitu dibutuhkan pikiran orang lain yang lebih jernih, yang berada di luar lingkaran biar mikirnya obyektif. Tapi kalo setiap saat butuh nasihat ? Hmmm... lain Agus lain Daniel, temen gue yang lain. Ni anak malah gak pernah bisa memutuskan sesuatu tanpa campur tangan orang lain. Ni anak selalu datang dengan masalah yang butuh pemecahan, bahkan untuk masalah-masalah yang super duper sepele ! Pernah malem-malem dia telpon gue, butuh advis segera, gue pikir ada masalah supergawat sampe harus nelpon-nelpon jam satu pagi. ternyata masalah 'supergawat' itu adalah : dia nggak punya duit padahal pacarnya mau ulangtahun tiga hari lagi, terus dia gak tahu gimana caranya nagih utang ke temen gue yang lain buat beliin pacarnya kado. Ya ampuuun... kalo masalahnya dia nggak punya duit buat makan besok pagi terus nelpon gue jam satu pagi mungkin bisa gue maklumi. Gue bilang aja sama dia, tagih aja temen yang punya utang itu apa adanya, namanya utang kan harus dibayar. gitu aja koq repot !! Pernah juga dia dateng malem-malem ke kosan gue, curhat abis masalah-masalah standar yang menurut gue bukan masalah, misalnya : takut IP-nya jelek karena berapa kali gak masuk kuliah. Aduuuh... tinggal pinjem catetan temen terus belajar keras emang gak bisa Mas ???

Sayangnya... Agus dan Daniel gak saling kenal. mungkin kalo mereka saling kenal klop banget ya. satunya over masalah, satunya over nasihat. Pengen juga sih gue kenalin aja... ntar deh kalo gue udah bener-bener keabisan sabar buat menghadapi mereka berdua.

No comments: