Thursday, January 18, 2007

Belajar bersyukur...

Gue baru aja baca berita di koran. tentang teh Ninih (bukan istri Aa Gym lho..). teh Ninih yang ini adalah penjual nasi aking (nasi basi yang udah dikeringin) di cilegon. Ada yang bikin gue langsung speechless, rasanya mulut jadi pait banget. Gimana nggak, nasi aking yang seharusnya dijual teh Ninih buat makanan bebek ternyata sekarang laris manis dibeli orang untuk dimakan!! seliter nasi aking dihargai Rp 1.500, padahal beberapa waktu lalu hanya Rp 700 per liter.

Astagfirullah hal adziim...
Sebegitu parah ternyata ya kondisi masyarakat miskin kita. bayangin, nasi aking yang seharusnya sudah menjadi sampah itu ternyata masih menjadi 'makanan' yang laku dijual. padahal untuk memasak lagi nasi aking itu gak gampang. secara nasi basi yang dikeringin itu sudah bercampur dengan aneka bumbu. kalau langsung dimasak lagi, kebayang gimana rasa dan aromanya. nasi aking itu harus dicuci dua sampai tiga kali terus dikeringin lagi, baru kemudian dimasak dengan banyak bumbu agar citarasa nasi aking yang udah 'nggak karuan' itu bisa dikamuflase. kebayang gimana rasanya ? ngebayangin aja nggak tega, tapi itulah kenyataannya. teh Ninih bilang permintaan nasi aking untuk dikonsumsi orang miskin makin banyak, terutama di masa sekarang ketika banyak petani gagal panen.

Gue langsung diem lama setelah baca berita itu. gue kepikiran, kadang-kadang gue suka nggak menghargai makanan yang gue makan. kalo makanan nggak enak suka seenaknya dibuang. gue jadi ngerasa feeling guilty, itu artinya gue nggak bersyukur. Tuhan sudah baik banget sama gue, meskipun nggak berlebihan tapi gue bisa menghidupi diri sendiri. apa jadinya kalau Tuhan tiba-tiba 'mengambil' semua yang gue punya, hingga -naudzubillahi mindzalik- gue harus mengalami nasib yang sama dengan mereka yang mengkonsumsi nasi aking itu.

Kadang kita memang lupa bersyukur. dapet sedikit kita ngeluh, dapet banyak kita kurang. Gue jadi inget petuah dari bokap temen gue yang udah gue anggap bokap sendiri. Gue inget banget kata-kata beliau, pas kita lagi makan malam di rumahnya di Bandung. Waktu itu gue baru kerja jadi penyiar, dan beliau nanya tentang pekerjaan gue dengan antusias, kayaknya beliau seneng banget gue udah kerja. Tapi gue menjawab semua pertanyaan beliau dengan 'dingin'. bukan apa apa, ketika beliau nanyain gaji gue, gue ngerasa minder. sebagai penyiar pemula gaji gue memang nggak seberapa. jadi ketika gue menjawab angkanya, gue sambil nunduk nyebutin angka (yang sudah dikamuflase, di mark up hehehehe...). keliatan banget gue minder nyebutin angka itu. and guess what ?? Beliau marah !! sepanjang acara makan malam itu menjadi ajang 'penyiksaan' buat gue. gue diceramahin abis... gue dibilang nggak bersyukur udah dapat kerja, sementara jutaan orang diluar sana masih kelimpungan nyari kerja. dan mendengar kata-kata beliau, gue jadi pengen nangis.

Beliau meng-analogikan semuanya dengan analogi nyamuk. Gue mestinya bersyukur udah dapat kerja. dikasih badan sehat. ditakdirin menjadi manusia juga seharusnya gue udah sangat-sangat bersyukur. coba kalau Tuhan mentakdirkan gue menjadi nyamuk. nyamuk itu kalau bisa ngomong pasti setiap pergi-pergi selalu pamit sama keluarganya, karena nyari makan buat nyamuk sama dengan nyari mati. ketika menghisap darah yang jadi makanannya, nyamuk punya kans gede banget buat ditabok sampai mampus. belom lagi baru terbang di ruangan udah disemprot obat nyamuk yang langsung bikin semaput. Iya yah... gue lupa bersyukur, bersyukur menjadi makhluk paling sempurna, yaitu manusia..

Nggak cukup sampai disitu. Beliau langsung manggil hansip yang lagi jaga di depan. didepan gue, beliau menginterogasi mang hansip itu, ditanya gajinya berapa, anak berapa, punya apa aja di rumah. Gue langsung diem se diem-diemnya. dibandingin gue, gaji mang hansip itu memang jauh lebih kecil. dengan gaji yang jauh lebih kecil itu dia bisa punya istri, bisa punya anak, bisa ngontrak rumah dan nyekolahin anak. dan mang hansip itu bisa dengan sangat bangga menceritakan semuanya...

Gue jadi malu... makan malam itu bener-bener membuka mata gue. seharusnya gue bisa bersyukur mendapatkan apapun yang diberikan Tuhan. Bokap temen gue itu juga bilang sama gue, Tuhan sudah sangat tahu kapasitas masing-masing umatNya. itulah kenapa ada orang yang kaya, ada orang yang miskin. ada yang diberi penghasilan berlebihan, ada yang diberi paspasan bahkan sangat kurang. semua itu ujian. belum tentu yang kaya bisa bahagia kalau dia tidak bisa menggunakan kekayaannya itu dengan sebaik-baiknya. belum tentu juga yang miskin itu tidak bahagia. bisa jadi si miskin jauh lebih bahagia dari si kaya karena si miskin pandai bersyukur sementara si kaya tidak pernah bisa bersyukur karena selalu tidak puas dengan apa yang didapatnya.

Selama ini gue sudah merasa cukup bersyukur dengan apa yang gue dapat. kalaupun pas lagi dikasih kurang, gue selalu tetap bersyukur dengan cara melihat ke bawah, banyak orang yang lebih susah dari gue. meskipun kadang namanya juga manusia, suka jealous juga kalo ngeliat yang diatas gue. tapi kembali ke kata-kata bokap temen itu, sudah untung gue jadi manusia bukan jadi nyamuk. alhamdulillah gue bisa lebih 'adem' dan merasa bersyukur sampai detik ini gue masih sehat dan bisa bekerja.

hhhhhh...
kenapa gue masih nggak bisa ngilangin 'nasi aking' itu dari pikiran gue ya ??? bismillah... mudah-mudahan nggak ada lagi manusia di indonesia (atau di jagat raya ini) yang makan nasi aking ya..

amiiin...

No comments: