Wednesday, January 17, 2007

Komentator...

"Eh... tu baju apa seprai... koq kembang-kembangnya gede amat..."
"Lo kalo botak gitu jadi kayak pentol korek deh.."

Kayaknya kita enak aja ya ngomong kayak gitu kalo ngeliat penampilan temen atau orang lain yang "aneh". Memang, gue sendiri kadang suka ngomentarin segala sesuatu, penting atau nggak penting, yang penting enak aja ngobrolinnya. 

Iya lah... ngomentarin penampilan orang emang asyik. kadang ni mulut suka nyerocos tanpa diminta. kalo ada temen yang pake barang baru, langsung komentar. temen rubah penampilan juga pasti komentar. itu bagian dari pergaulan kalo gue bilang, tapi... apa bener komentar kita itu pas ? apa gak malah bikin sakit hati ?

Sebulanan lalu temen gue, Ayu, potong rambut. biasanya rambutnya agak-agak panjangan, tapi karena dia lagi hamil, mungkin gerah, jadi dia babat abis rambutnya jadi superpendek. pertama gue ngeliat mulut gue udah gatel mau berkomentar (soalnya tampang dia jadi aneh dengan rambut itu hehehehe...), tapi gue masih bisa nahan jadinya komentarnya cukup di dalam hati. Eh... pas Firman, temen gue yang lain dateng ke kantor dan ngeliat Ayu, tiba-tiba dia komentar : "Iiih... rambut lo aneh amat, lo jadi kayak orang jaman dulu deh..."
Ayu sih cuma senyum aja... tapi ketahuan banget kalo dia sebel dikomentarin kayak gitu.

Ngomong-ngomong soal Firman, ni anak emang lumayan expert dalam masalah komentar mengomentari (hehehehe..). Semua bisa dikomentari, dan rata-rata komentarnya lumayan bikin ngedrop (baca : jengkel)  yang dikomentarin. Kalo nunjukin sesuatu ke dia, jangan harap dapat komentar bagus. sebagus apapun itu, ada aja celah buat dia 'nyela' (hehehe...).  

Memang asyik kalo jadi komentator. menilai orang memang paling gampang. Lihat aja pas Nadine Chandrawinata keseleo lidah di interview resmi Miss Universe. Indonesia dibilang dia sebagai City. Kontan semua orang komentar... malu-maluin lah... gak layak ikutan miss universe lah.. temen gue malah dengan sadis bilang : Nadine... biar cantik asal tolol !!! (hehehe...)

Gue nggak kenal Nadine, dan mungkin juga jutaan orang yang ngomentarin dia. Tapi semuanya berlomba ngasih komentar, termasuk gue. Tapi beberapa saat gue mikir juga. Nadine mungkin nggak tolol, dia bisa aja kecapekan, dan yang jelas gue lumayan salut juga sama dia yang 'berani' ngomong bahasa inggris meskipun belepotan. paling nggak ada upaya dia untuk ngomong pake bahasa inggris, yang memang bukan bahasa ibunya kan. semua jadi terkesan 'keterlaluan' karena kita lagi ngomongin acara sekelas miss universe. pasti kita mikir... masa iya siiih.. putri indonesia yang dikirim ke miss universe, dengan tampilan fisik bule abis kayak Nadine gak bisa bahasa inggris ???

Tapi okelah, untuk kasus Nadine kayaknya semua orang layak berkomentar. Tapi kadang kita suka nggak bisa memanage, kapan harus jadi komentator,
kapan jadi penonton. Satu yang suka kita lupakan adalah, apakah kita sendiri sudah sedemikian oke, sehingga bebas aja ngasih komentar ? apakah kita udah lebih segalanya ?

Kita mengomentari rambut si anu aneh, apakah rambut kita udah cocok dengan wajah kita ? baju si itu kayak seprai, apakah baju kita sudah pas dan cocok untuk kita ? kita 'geleng-geleng kepala' ketika kasus Nadine dan ngasih komentar macem-macem. padahal kalo kita tanya, apakah kita lebih pintar dari Nadine ? kalo gue sih, jelas gue kalah jauh dari Nadine.  Dia bisa jadi Putri Indonesia, gue nggak 
(dan gak mungkin karena gue laki hahahaha...). Dia bisa ikut ajang tingkat internasional. gue sampe detik ini gak ada gambaran kesana, gak tahu nanti (hehehehe...). Nadine bisa main film, bisa jadi model iklan... sementara gue.. boro-boro... Bahasa Inggris Nadine 'kacau'... tapi kalo gue ada di posisi Nadine, bahasa Inggris gue mungkin lebih kacau lagi hahahaha..

Sekali lagi, jadi komentator memang asyik. kita bebas komentar apa aja... mau nyela atau muji sah-sah aja... tapi mungkin yang perlu dipikirin adalah... gimana kalo kita yang jadi 'terdakwa' alias dikomentari ???

empati dong... hehehhee...

No comments: