Friday, January 19, 2007

Anggun yang semakin anggun


Siapa yang nggak kenal Anggun ???
Rasanya semua orang, bukan cuma di Indonesia tapi hampir di seluruh dunia kenal namanya. semua berkat kesuksesan dia merintis karir di dunia internasional, satu keputusan hebat dan berani yang diambilnya ketika masih berumur sangat belia. keberanian anggun memang berbuah manis. Album-album internasionalnya seperti Anggun (1998), Chrysalis (2000) dan Luminescence (2005) berhasil membawa namanya menjadi artis asia pertama yang paling sukses menjual album rekaman di luar asia. Lagunya seperti "Snow On The Sahara" dan "In Your Mind" menjadi remarkable songs yang pantas diingat dari masa ke masa.

Itulah yang membuat Anggun merilis album THE BEST OF ANGGUN yang spesial karena selain menghadirkan lagu-lagu hits internasionalnya, Anggun juga merilis ulang 3 lagu lama di Indonesia yaitu Mimpi, Bayang-bayang Ilusi dan Takut. Album ini memang dibuat khusus untuk pasar Indonesia, karena disini banyak beredar album The Best Anggun yang 'asal comot', ulah nakal produser lama yang merilis ulang album anggun tanpa izin.

Gue emang ngefans banget sama Anggun. jadi seneng banget pas dia ngerilis album best of ini. apalagi semua lagu di album ini bener-bener pilihan dan uenak uenaak semuanya. Apalagi lagu Mimpi yang aslinya emang udah enak, jadi double enaknya pas diaransemen ulang sama Andy Ayunir dibantu orkestrasi oleh Saunine. Lagu Bayang-bayang Ilusi juga punya warna baru. Cuma, kalo menurut gue, lagu Takut yang emang ngerock abis itu koq jadi 'aneh' ya diaransemen lagi dengan gaya anggun sekarang. kesannya jadi agak maksa. padahal banyak lagu-lagu hits anggun jaman dulu yang mungkin lebih bagus hasilnya kalo dirilis ulang, macam Kembalilah Kasih, atau Nafas Cinta, atau kenapa nggak sekalian lagu Tua Tua Keladi ya ???

Trus, pemilihan lagu untuk hits internasional emang udah pas banget. dari mulai Snow On The Sahara sampai hits terakhirnya I'll be alright semuanya ada. plus kerjasama anggun sama DJ CAM dengan Summer in Paris dan kolaborasi bareng Deep Forest dengan Deep blue sea emang bikin album ini makin lengkap. Cuma sayangnya, dari album soundtrack OPEN HEARTS yang dipilih adalah lagu Open your heart, padahal yang jadi hits adalah lagu Counting Down. Mungkin Anggun punya alasan sendiri ya kenapa nggak masukin lagu itu di album The Best ini.

Lepas dari semua itu, album ini juga jadi semacam refleksi perjalanan anggun. kita bisa dengerin gimana metamorfosa anggun dari cewek tomboy menjadi seorang perempuan yang bener-bener seanggun namanya. perbandingan musikalitas anggun juga keliatan banget dari album pertama sampai ketiganya. dua album pertama yang digarap bareng Erick Benzi sukses membuat image baru seorang Anggun. album kedua yang masih digarap Benzi memperlihatkan sedikit perubahan, lebih sensual secara musik. Di album ketiga, Anggun memilih bekerja sama dengan Jean-Pierre Taieb, dan memang album ketiga anggun terdengar lebih 'garang' dengan warna rock.

Secara umum, album ini layak dibeli dan dikoleksi. bukan karena gue emang ngefans sama Anggun, tapi kita emang layak bangga punya seorang Anggun yang bisa menjadi satu-satunya penyanyi Indonesia yang berkibar di dunia internasional.

cuma... gue akan lebih 'bangga' lagi kalau anggun mau bekerja sama dengan musisi Indonesia bikin lagu buat konsumsi internasional. misalnya lagu Mimpi dirilis dalam bahasa inggris dan dirilis internasional. secara Anggun udah berhasil membawa nama Indonesia ke dunia internasional, mungkin dia bisa 'bawa' nama temen-temen musisi dari Indonesia juga ya...

Yuk sama-sama berdoa... hehehehe...

No comments: