Friday, January 12, 2007

Cinta ada ketika tak ada

"cinta itu seperti angin... selalu bergerak tak punya sarang...
cinta itu ada ketika tak ada, seperti dirimu... diriku...
kita memiliki ketika tak mempunyai... kita merasa tapi tak tergenggam..."

I
tu bukan puisi gue. itu adalah puisi yang ditulis arswendo atmowiloto. judulnya gue udah lupa, yang gue inget puisi itu bonus dari majalah hai jaman gue masih SD. waktu itu gue cuma suka dengan kata-katanya yang indah, secara gue masih SD masih belum paham banget makna sebuah puisi. secara juga gue ingatannya tajam, jadi sampe hari gini masih apal itu puisi (hahahaha...)

Baru setelah gue beranjak dewasa (cieee...) gue baru ngerti maksudnya. itu juga setelah gue ngalamin serentetan peristiwa cinta (cuihh..). Jujur, gue bukan tipe orang yang bisa bela-belain ngejar orang yang gue sukai. gue lebih sering nunggu respon dulu ketika gue kasih umpan dikit. kalo respon bagus gue baru berani 'jalan'. Nah, kalo misalnya inceran gue gak ngasih respon seperti yang gue harepin, ya udah... gue gak bakalan maju terus pantang mundur.

Biasanya gue bisa jatuh cinta sama orang walaupun dia bukan inceran gue, tapi dia intens ngedeketin gue dengan cara-cara halus. Pernah, dulu, pas gue lagi 'jatuh-jatuhnya' karena bubaran sama cewek gue (sebut aja N), ada cewek (sebut aja R) yang datang dalam kehidupan gue. Ni anak ketahuan banget kalo suka sama gue, sering telpon, sering dateng, dan sikap gue sama si R ini luar biasa judes (hahahaha...). Bukan apa-apa, waktu itu gue emang lagi sebel banget gara-gara si N yang ternyata nyeleweng sama cowok yang lebih tajir (huuuu...). Nah, biar gue judesnya melebihi suster rumah sakit, si R ini pantang mundur. dia bahkan berani nembak gue, gila-gilaan lagi nembaknya di jalan raya, depan rumah makan padang, di depan temennya. dan gue juga dengan serta merta bilang kalo : GUE UDAH PUNYA CEWEK !!! padahal bohong.

Sejak itu si R menghilang. Awalnya gue lega karena 'gangguan' telponnya gak gue temui lagi. tapi lama-lama, ketika perasaan gue ke si N udah ternetralisir oleh waktu, ketika gue udah mulai bisa berpikir normal lagi, gue ngerasa luar biasa bersalah sama R. Bukan sekedar gue ngerasa udah jahat banget sama dia, tapi tiba-tiba muncul kesadaran baru, bahwa gue mulai kangen sama dia. gue mulai cinta sama dia. dan konyolnya, selama ini gue gak tahu dia tinggal dimana, nomor telponnya berapa (karena emang gue waktu itu gak pengen tahu). Jadinya gue kelimpungan sendiri gak tahu harus nemuin dia dimana... dan puisi arswendo itu langsung terasa menohok !!! cinta itu ada ketika tak ada. Memang bener... kadang kita sadar kalo sesuatu itu berharga justru ketika kita tidak memilikinya lagi.

Kembali ke si R. Setelah dua tahun, dia tiba-tiba muncul di hadapan gue. Dan guess what ? gue nggak mau ngelewatin kesempatan itu. gue nembak dia dan ternyata dia masih menyimpan perasaan buat gue. Kita jadian meskipun beda kota, dia kuliah di Jogja. Kita pacaran selama 3 tahun terus akhirnya bubaran. It's OK, buat gue mendingan kandas setelah berusaha menjalani, daripada gak pernah nyoba.

Ada temen gue yang juga mengalami hal yang mungkin lebih 'dalem'. Sebut aja namanya Lala, yang lumayan lama pacaran sama Adit. Mereka pada dasarnya saling mencintai. Tapi mungkin karena ego dan alasan yang gue nggak tahu, mereka bubaran gitu aja. Nah, setelah mereka bubar jalan ini, Adit tahu-tahu dekat dengan Sandra dan mereka langsung married !!! Gue nggak ngerti apakah Adit married sama Sandra karena 'emosi' pengen nunjukkin sama Lala kalau dia bisa nyari yang lain, tapi yang jelas, sekarang setelah udah Married, Adit masih tetep kontak sama Lala, telpon-telponan kangen, bahkan gue sering mergokin Lala diem lama pas abis telpon-telponan sama Adit. Gue suka iseng ngasih ide jahil sama dia, "Udah La... tancap aja... kerjain aja biar rumahtangganya kocar-kacir..." Lala biasanya cuma ngejawab pendek (tapi memelas) : "Gue gak tega Di... istrinya baik banget..."

W
uiih... gue langsung speechless. Gue ngebayangin aja kalau seandainya si Lala masih sama si Adit, pasti yang begini gak bakalan terjadi. Secara mereka masih saling mencintai (Adit malah diem-diem bikin buku buat Lala !!!). Nah, kita memang kadang suka nggak ngerasa bahwa apa yang kita miliki, yang ketika masih kita miliki adalah sesuatu yang biasa, akan menjadi sesuatu yang luar biasa justru ketika kita tidak memilikinya lagi.

Lalu puisi itu terngiang-ngiang lagi... ditambah lagunya Rhoma Irama berjudul "Kehilangan", gini nih liriknya : "Kalau sudah tiada baru terasa... bahwa kehadirannya sungguh berharga..."

H
ehehehe... jadi dangdutan nih !!!

No comments: